Friday, December 25, 2009

Tanya Pada Rambutmu

                                # ADA APA DENGAN JILBABMU? #

       Memandang keanggunanmu dalam busana takwa yang mencerminkan kesucian jiwa, bagaikan menyelam dikejernihan danau yang bening. Pakaianmu melambangkan akhlak seorang muslimah sejati yang sadar eksistensinya mendampingi kaum adam dalam mengarungi samudra kehidupan. Duh, muslimah….. sungguh tinggi derajatmu dihadapan_Nya, sehingga syurgapun berada dibawah telapak kakimu. Islam memuliakanmu sebagai seorang ibu yang derajatnya lebih tinggi tiga tingkat dibanding ayah.

       Busana takwa yang kau kenakan adalah sebagai identitas bahwa kau adalah seorang muslimah, yang tidak akan diganggu oleh orang orang yang usil, yang akan selalu dihormati bila melewati keramaian bahkan kau akan diberi salam walaupun oleh seorang preman. Sungguh…ia akan menjadi lebih sempurna pabila dihiasi oleh akhlak yang mulia. Dimanapun kau berada orang akan selalu mengenalmu, sebagai seorang muslimah walau kau berada dikomunitas yang berbeda, tapi busanamu selalu menjadi intaian mata yang terpesona dengan keanggunanmu.
Namamu pun terukir sebagai salah satu nama ayat dalam kitab suci Al Quran, An Nisa, betapa spesialnya kamu. Bahkan dalam berpakaianpun islam mengaturnya sedemikian rupa agar engkau tetap terjaga.

       “Katakanlah kepada wanita yang beriman: Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung” (An Nur 31)

       Tahukah engkau wahai muslimah? Engkau tidak diperbolehkan menampakkan auratmu selain dari yang disebutkan dalam surat An Nur : 31 tersebut? Mereka yang selain itu tidak halal memandangmu, menikmati pesonamu, karena kau hanya dikhususkan untuk orang orang yang termasuk dalam mahrammu atau anggota keluargamu, saudara sepersusuan, suami atau ayah dari ibu yang menyusuimu (seperti Rasulullah dengan Halimah Tusya’diah) dan seterusnya, ah alangkah mulianya dirimu.
Dan tahukah engkau batasan batasan auratmu yang disebutkan dalam Al Quran? Supaya kamu tidak diganggu dan lebih mudah untuk dikenal karena kau telah menyematkan identitasmu didada.

KEHARUSAN WANITA PAKAI JILBAB BILA BERADA DILUAR RUMAH

Al Ahzab : 59

"Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya* ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang".
*Jilbab ialah sejenis baju kurung yang lapang yang dapat menutup kepala, muka dan dada

      Bayangkan bila engkau memiliki wajah yang jelita, seperti seorang gadis Cina atau berwajah Eropa, dan kau tak mengenakan pakaian takwa, niscaya orang takkan mengenalmu sebagai seorang muslimah, takkan menghormati kemuliaan yang telah diberikan kepadamu, maka halangan apa yang merintangimu untuk segera mengenakan “jubah kebesaran” yang telah dianugerahkan oleh Yang Maha Memiliki Kebesaran? Yang telah mengkhususkan beberapa ayat-ayatNya untukmu?

       Renungkanlah kembali wahai muslimah…..
       Kita takkan pernah tau kapan kita akan menutup usia, kapan senja akan membias diwajahmu, dan kapan waktumu benar-benar akan berhenti, sehingga tak ada lagi kata terlambat untuk menyadarinya. Ikhlaskan niat dan berikhtiarlah untuk bisa menggapai hidayahNya.
Bayangkan bila Yang Maha Memiliki Keindahan itu mengambil nikmat yang diberikan kepadamu sebagai teguran sayang karena kau tak mengindahkan peintahNya?. Adakah kata penyesalan sesudah itu?

       Pandangilah wajah dibalik kaca itu, alangkah cantiknya ukiran wajah yang terpahat sempurna yang memiliki nilai seni yang tinggi. Sekarang berputarlah seperti penari balet, sungguh indah dan memukau! Tidakkah terbetik keinginan dihatimu untuk melindunginya dari tatapan liar?. Kau takkan lagi memerlukan sunblock atau UV filter untuk melindungi kulitmu dari sinar matahari karena pakaian takwamu lebih dari 60 SPF! Sehingga engkau aman dari radikal bebas.

       Syaikh Nashiruddin Al Albani dalam bukunya, Jilbab Wanita Muslimah menguraikan 8 kriteria jilbab wanita muslimah yang sesuai dengan syariat islam
1. Menutup seluruh tubuh selain yang dikecualikan (muka dan pergelangan tangan)
2. Kainnya harus tebal dan tidak tipis
3. Kainnya harus longgar dan tidak ketat
4. Tidak memakai parfum atau wewangian
5. Tidak menyerupai pakaian laki laki
6. Tidak menyerupai pakaian orang orang kafir
7. Tidak untuk berhias yang berlebih lebihan (tabarruj) sehingga menarik perhatian
8. Tidak libas syuhrah (mencari popularitas)

       Tidakkah indah kedengarannya? Engkau dijaga sedemikian rupa agar engkau tetap memiliki izzah dan kemuliaan sebagai makhluk allah yang terindah.
Sekarang tengoklah kembali wajah dibalik kaca itu, seraut wajah yang terlukis manis tersenyum cerah, dengan selembar kain yang menutupi kepalanya. Berputarlah seperti penari balet, alangkah anggunnya dirimu……..kau jaga perhiasan duniamu sedemikian rupa karena kau adalah wanita penghias syurga

       Rasulullah SAW bersabda:
      “Diakhir zaman nanti ada wanita wanita yang berpakaian tapi pada hakikatnya telanjang, dikepala mereka seolah olah ada punuk onta, kutuklah mereka karena mereka memang terkutuk”

       Dalam hadis lain dikatakan “mereka tidak akan masuk syurga padahal syurga itu baunya tercium dari perjalanan 70 tahun” Masyaallah……………..
Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat."
       Wanita yang memakai wewangian kemudian ia berjalan didepan laki laki supaya menarik perhatian sama dengan wanita pezina.

       Ukhtyku…tanyakan lah pada rambutmu untuk apa ia ada

No comments:

Kasih............

Kasih manusia sering bermusim. Sayang manusia tiada abadi. Kasih Tuhan tiada bertepi. Sayang Tuhan Janjinya pasti