Monday, November 9, 2009

Ta'aruf Alamanda


Bagi teman-teman yang mau kuliah di Kota Padang, sedang kuliah atau bekerja dan sedang mencari tempat kost-kost an sekaligus pesantren silahkan hubungi alamat ini:
PEMONDOKAN MAHASISWA / PELAJAR
WISMA ALAMANDA 3
JLN. KAKAK TUA NO. 23
AIR TAWAR BARAT
PADANG-SUMBAR
TELP 0751 – 7053609 – 7055982
          +6281363479058 - +6281363809080
            reni_anggraini@yahoo.com
            muzibhi_alislamiy@yahoo.com

       Sekilas Tentang ALAMANDA 3
Alamanda 3 berdiri pada tahun 1988 dan merupakan wisma akhwat pertama di Indonesia (katanya sih). Mengingat pada tahun 1980-an adalah tahun-tahun kebangkitan ramaja Muslim Indonesia yang sedang bersemi di kampus-kampus. Cerita kenangan dari Bapak Irwan Prayitno dan Bapak Ir. Mahyeldi Ansharullah (Wawako Kota Padang sekarang), tahun 1980-an adalah masa-masa sulit gerakan Islam. Bermula dari masjid-masjid kampus muncullah komunitas tarbiyah yang melakukan aktivitas keislaman secara sembunyi-sembunyi. (malangnya) dinegara sendiri yang penduduknya mayoritas Islam, kita masih dibatasi melakukan ibadah sesuai dengan keyakinan kita.
Nah, kata Para Pendahulu kita, dalam masa-masa sulit tersebut maka dibentuklah sebuah organisasi mahasiswa yang bersatu diseluruh Indonesia namanya FSLDK (Forum Silahturahmi Lembaga Dakwah Kampus) yang menyatukan Lembaga-lembaga Dakwah Kampus diseluruh Universitas maupun akademi di Indonesia. Sahabat-sahabat yang sekarang berkecimpung di Lembaga Dakwah Kampus tentu tahu history-nya, tho?
Pada dua decade ini (1980-1990-an sampai masa reformasi) yang ditandai dengan lahirnya “kebebasan berjilbab di Indonesia” dan maraknya organisasi-organisasi Islam ekstra kampus (KAMMI, PII, IMM, de el el) serta terguling-gulingnya Orde Baroe, orang lalu mengenal akhwat yang berjilbab lebar, ikhwan jenggotan dan yang bercelana diatas mata kaki (he..he..) dengan komunitas tarbiyah atau temanku yang katanya salafy menyebutnya anak muda haraky. Ah, terserahlah, yang penting ahlussunah waljamaah, ya kan..?
ALAMANDA 3 bukanlah sebuah yayasan atau organisasi resmi yang terdaftar. Rumah besar itu adalah milik pribadi Ibunda Yus, warisan dari Bapak yang mempercayai para ahkwat kami untuk mengelolanya. Para sahabat akhwatlah yang menentukan criteria calon penghuni “Istana di Bawah Awan” dan membuat AD-ART nya. Semoga Allah membalas kebaikan Ibunda Yus dan keluarga dengan balasan syurga yang tinggi.
Bangunan ALAMANDA 3 terdiri dari tiga lantai. Lantai satu adalah rumah pribadi Ibunda dan tinggal beberapa orang akhwat yang ingin mandiri (masak dan makan sendiri) artinya tidak ikut masak dan makan berjamaah tapi tetap mengikuti program yang ada di wisma. Lantai 2 terdiri dari 10 kamar dan 3 kamar mandi. Setiap kamar dilengkapi dengan tempat tidur dan lemari masing-masing. Setiap kamar terdiri dari 3 orang spesies J. Lantai dua terdiri dari 8 kamar dan 2 kamar mandi. Soal biaya akomodasi paling termurah di Kota Padang.
Karena prestasi Alamanda 3 dilingkungan sekitarnya (disayangi para tetangga, he..he.. dan keaktifan Para Sahabat Akhwat dimasjid) maka, Emak (Ibunya Ibunda Yus) mempercayakan Alamanda 2 untuk dikelola oleh para akhwat, sedangkan penghuni lamanya “dipaksa” berdispora mencari rumah kos lain. Subhanallah, dakwah para sahabat didukung secara materi dan spiritual oleh keluarga Ibunda. Alamanda 2 sekarang dihuni oleh para akhwat yang insya Allah adalah tentara-tentara Allah dalam menegakkan panji-panji Islam (jadi terharu nih...). Nah, sekarang tinggal pembaharuan untuk Alamanda 1 (on progress), dakwah akan tetap berlanjut…
Program wisma salah satunya adalah shalat wajib berjamaah, pengajian sekali seminggu, hafalan, dan kegiatan-kegiatan ekstra lainnya. Fasilitas yang paling OK adalah PERPUSTAKAAN. Apalagi kalau butuh teman untuk referensi, sharing tentang soal kuliah , cari ilmu baru, insya Allah akan dibantu dengan senang hati oleh para seniornya. “Istana di Bawah Awan” ini berlokasi di dekat kampus Universitas Negeri Padang (UNP). Tapi penghuninya adalah heterogen, mereka ada yang kuliah di ATIP, ADZKIA, STIFI, ABA, UMSB, UNAND, STKIP, de el el.
Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi blog salah satu penghuninya http://www.myparadisealamanda.blogspot.com
So, sohib, sebagai alumni ALAMANDA 3, ane hanya bisa menyusun kata-kata ini: “segala kehidupanku bermula dari sana, bermuara pada satu arus mahabbatullah. Aku lahir disana, menemukan diriku disana, tumbuh dan berkembang dalam cinta saudara-saudara seiman”. (04:10 AM).
Akhwat Alamanda 3 Angk. 2004

3 comments:

Ari ibnu Umar said...

Wah...,, saya kira mbak ini Cowok,,, eh ternyata cewek,,,
kunjungan balik dari bloger pekanbaru..
:D

Hilmy said...

Hi..hi..hiii
Anda yg kesekian....
Namanyo macho, yah...

Novia said...

Wah, saya dulu ngekos disini lho...tahun 1992-1995, terimakasih tulisannya ya...

Kasih............

Kasih manusia sering bermusim. Sayang manusia tiada abadi. Kasih Tuhan tiada bertepi. Sayang Tuhan Janjinya pasti