Sunday, July 24, 2011

Ramadhan Yang Menyehatkan

Rasulullah SAW ketika berbuka, Beliau terbiasa hanya minum segelas air putih dan sebutir korma, kemudian melanjutkannya dengan shalat maghrib dan baru makan. Ini terbukti menyehatkan lambung dan pencernaan. So bagi kamu yang tidak suka korma, kamu bisa menggantinya dengan buahan segar lainnya, karena buah lebih bagus dikonsumsi ketika perut lagi kosong. Nah, pantengin tips-tips berikut agar makna puasa secara jasmani-mu sehat walafiat.
  1. Jangan berbuka puasa dengan minuman kaleng (soft drink), seperti coca cola, fanta, pepsi, sprite de el el. Karena minuman tsb mengandung soda lebih tinggi. Mungkin bagi sebagian kamu minuman sejenis ini agak bergengsi karena berlabel impor. Tapi di Amrik sono, softdrink gak terlalu ngetrend bagi remaja Amrik. Menurut penelitian, seseorang yang mengkonsumsi dua kaleng softdrink perhari selama setahun, akan menyebabkan tulang keropos (osteoporosis), wuih mengerikan!! Padahal rata-rata penduduk di Indonesia 60% dinyatakan kekurangan kalsium. Di Amrik, fanta digunakan untuk membersihkan darah akibat kecelakaan dijalan raya (???) Masih mau mengkonsumsinya? Kalo masih gak percaya juga, kamu bisa melakukan eksperimen sendiri, rendam besi karatan kedalam fanta, dan biarkan beberapa jam, karat pada besi tsb akan melunak, seperti itu juga pada lambungmu. 
  2. Jangan minum teh satu jam sebelum dan sesudah makan nasi, karena bisa menyebabkan kekurangan darah. Tapi beberapa jam setelah makan, akan lebih menyehatkan, karena teh mengandung antioksidan 
  3. Jangan makan terlalu berlebihan. Makanlah seperlunya dan jangan biarkan perutmu menjadi tong sampah dadakan. 
  4. Perbanyak makan buah dan sayuran, karena buah mengandung banyak mineral yang dibutuhkan tubuh. 
  5. Perbanyak minum air putih 
  6. Jangan mengisi ulang kemasan botol minum air mineral. Karena pada kemasan botol mengandung karsinogen. Karsinogenik adalah zat kimia yang memicu pertumbuhan kanker. Ayo… jadikan ramadhanmu sehat lahir bathin….
Selamat menunaikan ibadah puasa
Taqobalallahu minna waminkum, shiyamana wa shiyamakum...

No comments:

Kasih............

Kasih manusia sering bermusim. Sayang manusia tiada abadi. Kasih Tuhan tiada bertepi. Sayang Tuhan Janjinya pasti