Friday, July 1, 2011

Naik Turunnya Iman

Penyebab Naik Turunnya Iman Oleh Syaikh ‘Aidh Abdullah Al-Qarny
Penyebab Naiknya Iman

  1. Berdoa, memuliakan dan mengagungkan Nya. Memohon dan mengharapkan balasan hanya kepada-Nya, dan banyak-banyak mengingat-Nya. 
  2. Merenungkan/mentadabburi Kitab-Nya. Tak ada yang lebih menyembuhkan hati kecuali dengan membaca Kitab-Nya Yang Maha Mulia. Banyak para pemuda Muslim yang menyibukkan diri mereka untuk mempelajari pengetahuan syariah dengan mengorbankan waktunya untuk membaca Qur’an hingga hati-hati mereka menjadi keras. Jika saja ini terjadi pada orang yang patuh, bagaimana dengan orang yang mengisi hati hatinya dengan dosa?
  3. Melaksanakan shalat wajib secara berjamaah dengan teratur. Allah menjamin orang yang menjaga shalat wajibnya dengan berjamaah, Ia tidak akan meninggalkannya, tidak akan menghinakannya/memalukannya, dan Dia akan menjaganya didunia dan akherat kelak 
  4. Melaksanakan shalat sunnah rawatib secara teratur. Rasulullah SAW menekankan untuk banyak-banyak melakukan shalat sunnah dan beliau selalu mengerjakannya secara teratur. Kapanpun kita merendahkan diri dengan bersujud kepada-Nya, Ia akan mengangkat derajat kita. 
  5. Menyayangi dan mencintai sesuatu pada tempatnya. Bertemanlah dengan orang yang baik agamanya. 
  6. Mengetahui bahwa Allah yang Esa selalu  menjaga kita, dan mengetahui bahwa Ia bersama kita. “Apakah Allah Yang menciptakan itu tidak mengetahui (yang kamu lahirkan atau rahasiakan); dan Dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui?” (Al Mulk:14). Allah mengetahui apa yang kita sembunyikan dan apa yang kita lahirkan.

“Tidakkah kamu perhatikan, bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi? Tiada pembicaraan rahasia antara tiga orang, melainkan Dia-lah keempatnya. Dan tiada (pembicaraan antara) lima orang, melainkan Dia-lah keenamnya. Dan tiada (pula) pembicaraan antara jumlah yang kurang dari itu atau lebih banyak, melainkan Dia berada bersama mereka di manapun mereka berada. Kemudian Dia akan memberitahukan kepada mereka pada hari kiamat apa yang telah mereka kerjakan. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui segala sesuatu.” (Al-Mujadilah:7)
Mencegah Melemahnya Iman

  1. Mencontoh para Salaf, Para Salafusshaleh menghisab diri mereka sebelum tidur. Kebaikan apa yang telah kita lakukan dan mensyukurinya, serta kejelekan apa yang telah kita lakukan sehingga kita menyesalinya?
  2. Mencari petunjuk dan meminta nasehat dari orang-orang yang berilmu 
  3. Ziarah kubur, sebagai pengingat hidup sesudah mati. 
  4. Membaca biografi para Salaf, seperti biografi para Sahabat, Tabi’in dan Para Imam (Ahmad, Malik, dll) 
  5. Berdoa dan memohon disepertiga malam terakhir kepada-Nya.

(sumber : www.turntoislam.com)

No comments:

Kasih............

Kasih manusia sering bermusim. Sayang manusia tiada abadi. Kasih Tuhan tiada bertepi. Sayang Tuhan Janjinya pasti